SEJAHTERA BADMINTON CLUB

BERSAMA MEMBANGUN BULUTANGKIS INDONESIA

Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2009 : Dua Ganda Putri Indonesia Lolos

Posted by SEJAHTERA BADMINTON on August 13, 2009

HYDERABAD, KOMPAS.com — Dua pasangan ganda putri Indonesia, Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari dan Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii, berhasil maju ke babak ketiga Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2009 di Hyderabad, India. Meskipun harus berjuang ekstra keras selama tiga set, pasangan Indonesia tersebut bisa lolos dari rintangan yang mengadang.

Dalam pertandingan di Gachibowli Indoor Stadium, Rabu (12/8), Shendy/Meiliana mampu bangkit dari ketinggalan. Sempat kalah 14-21 di set pertama dari pasangan Malaysia, Fong Chew Yen/Mooi Hing Yau, unggulan ke-10 ini bisa merebut dua game selanjutnya dengan kemenangan 21-13 21-18.

Perjuangan lebih berat lagi harus dilakoni Nitya/Greysia yang merupakan unggulan ke-13 karena mereka harus bertarung selama 1 jam 3 menit. Di set awal, finalis Singapura Terbuka ini kalah 19-21 dari pasangan Jepang, Shizuka Matsuo/Mami Naito, sebelum mereka bisa memenangkan dua set terakhir dengan 21-15 21-12.

Namun di babak 16 besar, Kamis (13/8), dua ganda putri Indonesia ini harus menghadapi tembok kokoh China. Shendy/Meiliana melawan unggulan 6 Ma Jin/Wang Xiaoli, sedangkan Nitya/Greysia bertemu unggulan kelima Du Jing/Yu Yang.

Di atas kertas, ganda China tersebut lebih difavoritkan untuk menang dan maju ke perempat final. Namun, dengan perjuangan gigih dan sedikit keajaiban, bukan tak mungkin pasangan Indonesia membuat kejutan, seperti yang pernah dibuat Nitya/Greysia di Singapura Terbuka di mana mereka berhasil menembus babak final.

Keberhasilan di sektor ganda putri ini tak diikuti oleh nomor ganda putra. Pasalnya, Mohammad Ahsan/Bona Septano terjegal karena kalah dari pasangan China, Guo Zhendong/Xu Chen.

Padahal, Ahsan/Bona yang merupakan unggulan ketujuh ini diharapkan bisa menggantikan Markis Kido/Hendra Setiawan yang batal tampil untuk mempertahankan gelarnya. Dengan demikian, di sektor ganda putra Indonesia tinggal mengandalkan pasangan debutan, Yonathan Suryatama Dasuki/Rian Sukmawan, yang merupakan unggulan 11.

Di nomor tunggal putra, tiga pemain Indonesia belum mendapat rintangan berarti. Taufik Hidayat, Sony Dwi Kuncoro, dan Simon Santoso melaju ke babak 16 besar. Sedangkan di nomor tunggal putri, hanya Maria Kristin Yulianti yang bertahan setelah Adrianti Firdasari tersingkir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,796 other followers

%d bloggers like this: