SEJAHTERA BADMINTON CLUB

BERSAMA MEMBANGUN BULUTANGKIS INDONESIA

Sea Games : Pemain-pemain Bulu Tangkis Indonesia Melaju

Posted by SEJAHTERA BADMINTON on November 18, 2011

JAKARTA, KOMPAS.com — Pebulu tangkis Indonesia masih melaju ke babak semifinal nomor perorangan SEA Games XXVI. Peluang merebut minimal tiga medali emas sesuai target dari nomor tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran masih terbuka lebar. Indonesia bahkan punya peluang menambah emas dari ganda putri.

Penampilan gemilang ditunjukkan pemain ganda putri Anneke Feinya/Nitya Krishinda. Juara GP Vietnam ini sukses menekuk juara GP Gold Indonesia Open asal Malaysia Woon Khe Wei/Vivian Hoo 24-22, 21-21-15. Di semifinal, Anneke/Nitya akan menghadapi unggulan pertama dari Thailand Duanganong Aroonkesorn/Kunchala Voravichitchaikul.

Anneke/Nitya memperlihatkan permainan yang konsisten. Pasangan ini bermain semakin padu dan punya peluang untuk mendulang medali emas. Saat berlaga di nomor beregu, pasangan ini juga selalu menyumbang poin dan belum terkalahkan.

Menghadapi pasangan Thailand, meski dilihat dari peringkat dunia Anneke/Nitya di bawah mereka, yakni di posisi 19, peluang untuk menang tetap terbuka. Setidaknya mereka sudah membuktikan ketika mengalahkan pasangan Thailand peringkat 11 dunia ini di babak final beregu. Ketika itu mereka menang dua gim langsung 22-20, 21-9.

“Peluang mereka kembali menang sangat terbuka. Yang penting mereka bisa fokus, main tenang dan cermat. Anneke/Nitya sejauh ini sudah bermain sangat konsisten. Mereka menunjukkan kemajuang yang signifikan,” kata pelatih ganda putri, Aryono Miranat.

Selain Anneke/Niyta, Indonesia juga menempatkan satu wakil lagi, yakni pasangan Vita Marissa/Nadya Melati yang mengalahkan pasangan Filipina Gelita Castilo/Dia Nicole 21-16, 21-15. Pasangan non pelatnas ini selanjutnya akan menghadapi pasangan Singapura Yao Lei/Sari Sinta Mulia. Peluang Vita/Nadya untuk menang atas pasangan Singapura ini cukup besar. Dari dua kali pertemuan sebelumnya, dua-duanya dimenangkan pasangan Indonesia. Terakhir Vita/Nadya menang di turnamen Super Series Perancis Terbuka.

Firda menang

Pada nomor tunggal putri, pemain Indonesia Adriyanti Firdasari membuat langkah bagus. Pemain pelatnas Cipayung ini melaju ke semifinal dengan menumbangkan unggulan ketiga asal Singapura Gu Juan. Firda di luar dugaan bisa bermain lepas. Meski masih membuat beberapa kesalahan, Firda menang 24-22, 21-16. Di semifinal Firda akan menghadapi unggulan pertama asal Thailand, Porntip Buranapsertsuk. Peluang Firda untuk menang cukup terbuka asalkan bisa bermain lebih cermat dan mengontrol permainan Porntip. Selama ini keduanya belum pernah bertemu.

Sementara itu, dua pasangan ganda campuran Indonesia juga memastikan tempat di semifinal. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir tanpa kesulitan mengalahkan pasangan Singapura Chayut Triyachart/Yao Lei 21-9, 21-18. Pada semifinal mereka akan menghadapi pasangan Thailand Songphon/Anugritayawon/Kunchala.

Adapun pasangan Muhammad Rijal/Debby Susanto menang atas pasangan Filipina Estiano Ronel/Malvine Ann 21-9, 21-13. Pada semifinal mereka juga akan menghadapi pasangan Thailand Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam.

Pada ganda putra, pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan juga melenggang ke semifinal setelah sukses mengalahkan pasangan Thailand Bondit Isara/Maneepong Jongjit 21-17, 21-16. Kemenangan ini sekaligus membalas kekalahan mereka saat tampil pada nomor beregu. Selanjutnya mereka akan menghadapi pasangan Malaysia, Goh Wei Shem/Lim Khim Wah.

Hasil positif juga didapat pasangan Bona Septano/Muhammad Ahsan yang menang atas pasangan Malaysia. Selanjutnya, Bona/Ahsan akan menghadapi pasangan Thailand Chalardchalaem/Phuangphuapet.

Pada tunggal putra, langkah Simon Santoso dan Taufik Hidayat juga belum terbendung. Pada semifinal, Simon akan ditantang pemain Singapura Derek Wong, yang di luar dugaan mengalahkan pemain unggulan dua asal Vietnam, Nguyen Tien Minh. Sementara Taufik kembali akan bertemu pemain Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk. Pada nomor beregu, Taufik dikalahkan Tanongsak dua gim langsung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,796 other followers

%d bloggers like this: