SEJAHTERA BADMINTON

BERSAMA MEMBANGUN BULUTANGKIS INDONESIA

Axiata Cup Jadi Pemanasan Sudirman Cup

Posted by SEJAHTERA BADMINTON on March 20, 2013

JAKARTA, Kompas.com — Juara bertahan Indonesia menatap kompetisi sengit dengan tujuh tim mancanegara yang diperkuat pemain-pemain dunia di turnamen bulu tangkis beregu internasional Axiata Cup, 21 Maret-14 April 2013, Surabaya-Kuala Lumpur.

Indonesia menganggap persaingan dengan pemain-pemain dunia di Axiata Cup ini menjadi cukup penting karena predikat sebagai juara bertahan, dan ajang ini —yang akan digelar kedua kalinya— dapat dijadikan pemanasan untuk melihat kesiapan para pemain menjelang Piala Sudirman 19-26 Mei di Malaysia.

Pemain tunggal putra Indonesia Simon Santoso mengatakan siap bertanding dengan para pemain dari lima tim Asia Tenggara yakni Malaysia, Thailand, Singapura, Vietnam, dan Filipina serta dua tim All Star Eropa dan Asia. Simon kini masih menunggu konfirmasi dari manajer tim Indonesia mengenai kepastian untuk berlaga di awal penyisihan Axiata Cup.

“Ini (Kejuaraan) tidak saya anggap hanya latihan biasa, tapi bisa juga jadi pemanasan untuk Sudirman Cup,” ujar Simon saat dihubungi di Jakarta, Selasa (19/3/2013).

Di laga perdana pada penyisihan grup yang berlangsung di Arena DBL Surabaya, Jawa Timur, Kamis (21/3/2013), juara bertahan akan ditantang Vietnam yang diperkuat pemain tunggal putra peringkat sembilan dunia, Nguyen Tien Minh.

“Saya dengar di laga awal melawan Vietnam, siap tidak siap, kami harus siap,” kata Simon.

Selanjutnya, Indonesia akan mencoba untuk menghadang perlawanan dari Singapura, yang diperkuat pemain tunggal putra Wong Zi Liang Derek, Chen Yongzhao Aston, dan tunggal putri Xing Aiying, Jumat (22/3/2013).

Persaingan sengit Indonesia dan Malaysia yang sama-sama menjadi tuan rumah akan berlangsung Sabtu (23/3/2013). Pemain berusia 25 tahun, Daren Liew, yang mengalahkan pemain nomor satu dunia sekaligus seniornya, Lee Chong Wei, di kejuaraan Djarum Superliga di Surabaya beberapa waktu lalu, akan menjadi andalan tunggal putra tim negeri jiran.

Kenangan manis mengalahkan Chong Wei di lokasi yang sama, Surabaya, dan atmosfer persaingan dengan Indonesia diperkirakan akan menyulut semangat Daren untuk tampil lebih maksimal.

Mengenai calon lawannya, Simon mengatakan, sejumlah pemain yang berkompetisi akan tetap tampil maksimal untuk mempertahankan gengsi dan juga peluang merebut hadiah yang ditawarkan kejuaraan ini.

“Setiap pemain akan tampil maksimal di kejuaraan ini, Indonesia tidak boleh lengah melawan pemain-pemain dunia,” ucap Simon yang menjadi andalan Indonesia saat memenangi Axiata 2012, bersama Taufik Hidayat.

Panitia penyelenggara Axiata Cup menyebutkan bahwa Malaysia juga akan menerjunkan ganda putra Koo Kiean Keat dan Tan Boon Hong. Sementara itu, Indonesia memiliki duet Ryan Saputro/Angga Pratama dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Laga terakhir di penyisihan grup fase pertama, Minggu (24/3/2013) Indonesia akan ditantang tim All Star Asia yang diperkuat pemain tunggal putra Korea Selatan Lee Hyun II dan ganda Campuran Ashwini Ponnapa dan Tarun Kona (India). Pemain kawakan untuk tunggal putra Bao Chunlai (China) dan Zheng Bo juga diprediksikan akan turun untuk memperkuat tim Asia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in: