SEJAHTERA BADMINTON CLUB

BERSAMA MEMBANGUN BULUTANGKIS INDONESIA

Juara Dunia 2013, Antara Lee Chong Wei, Chen Long, atau Lin Dan

Posted by SEJAHTERA BADMINTON on August 1, 2013

GUANGZHOU, KOMPAS.com — Keikutsertaan Lee Chong Wei dan Lin Dan jelas jadi daya tarik terbesar BWF World Championships atau Kejuaran Dunia 2013 yang akan digelar di Guangzhou, China, 5-11 Agustus.

Seolah mengerti keinginan penggemar bulu tangkis seluruh dunia, drawing menempatkan Lee dan Lin Dan di kubu yang berbeda. Dua pemain yang sering disebut musuh bebuyutan ini berpeluang bertemu di final.

Secara peringkat, dua pebulu tangkis ini terpisah sangat jauh. Lee kini menempati peringkat teratas klasemen dunia, sementara Lin Dan tercecer di urutan ke-100 karena sudah lama tidak mengikuti turnamen.

Namun jika bicara rekor pertemuan, maka Li Dan-lah pemenangnya. Suami mantan pebulu tangkis putri China, Xie Xingfang, ini unggul 21-9 dari total 30 pertemuan. Kemenangan Lin Dan termasuk saat mereka terakhir bertemu di final Olimpiade 2012 di London, dengan 21-15, 10-21, 19-21.

Pertemuan ke-31 mereka akan terwujud andai keduanya berhasil melewati para lawan masing-masing sebelum laga final. Lee akan menghadapi pebulu tangkis Irlandia, Scott Evans, di babak pertama. Jika lolos, maka ia berpeluang untuk menghadapi wakil Indonesia, Dionysius Hayom Rumbaka.

Atas Hayom, Lee selalu menang dalam lima pertemuan mereka, termasuk saat bertemu di semifinal Indonesia Open, Juni lalu. Ketika itu pebulu tangkis 30 tahun tersebut menang dua game langsung, 21-17, 21-14.

Tantangan meningkat bagi Lee jika berhasil mengalahkan Hayom, yakni Wang Zhengming dari China. Ini adalah debut Wang di Kejuaraan Dunia. Pemain 23 tahun tersebut belum sekali pun menang atas Lee dari delapan kali pertemuan mereka.

Sementara itu, posisi kurang menguntungkan dihadapi Indonesia. Dua wakil Merah Putih, Tommy Sugiarto dan Simon Santoso, akan bertemu di babak kedua, jika sama-sama berhasil melewati babak pertama.

Siapa pun pemenang laga ini akan lolos ke babak ketiga, dan andai kata kembali melaju ke perempat final, Lee adalah calon lawan paling potensial.

Di sisi lain, unggulan kedua, Chen Long, kemungkinan bertemu wakil Indonesia lainnya, Sony Dwi Kuncoro, di babak ketiga. Jika skenario berjalan mulus, maka Lin Dan sudah menanti pemenang laga ini di perempat final.

Jika laga Lee melawan Lin Dan tak terwujud, maka final yang paling mungkin terjadi adalah antara Lee dan Chen Long. Rekor pertemuan kedua pemain ini sangat ketat. Lee unggul tipis dengan 7-6. Sebagai catatan, Chen Long berhasil menang pada dua laga terakhir mereka di All England 2013 dan Hongkong Open 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s