SEJAHTERA BADMINTON

BERSAMA MEMBANGUN BULUTANGKIS INDONESIA

  • Meta

  • TIRTA SPORT ONLINE SHOP

    Promo Tirta
  • WIDE SCREEN FORMATED

    May 2014
    M T W T F S S
    « Apr   Jun »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • JADILAH PEMENANG

    Pemenang selalu memiliki program

    Pecundang selalu memiliki alasan

    Ketika pemenang melakukan sebuah kesalahan,
    ia akan berkata “Saya melakukan kesalahan”

    Ketika pecundang melakukan sebuah kesalahan,
    ia akan berkata “Itu bukan kesalahan saya”

    Pemenang membuat komitmen-komitmen

    Pecundang membuat janji-janji

    Pemenang memilih seperti yang ia ingin lakukan

    Pecundang memilih sesuai pilihan orang banyak

    Pemenang membuat sesuatu terjadi

    Pecundang membiarkan sesuatu terjadi

  • BWF

    bwf-logo1
  • Archives

  • Top Posts

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 2,679 other followers

Lin Dan Masih Bisa Ikut World Championships ?

Posted by SEJAHTERA BADMINTON on May 8, 2014


KOPENHAGEN, KOMPAS.com — Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) sudah mengeluarkan pernyataan bahwa tidak akan ada wild card untuk Lin Dan atau pemain lain pada gelaran BWF World Championships (Kejuaraan Dunia) 2014 di Kopenhagen, Denmark, akhir Agustus mendatang.

Namun, segala peraturan yang berlaku bisa saja memunculkan strategi baru. Lin Dan masih bisa bermain di World Championships jika Chinese Badminton Association memutuskan untuk melakukan “pengorbanan”.

Berdasarkan ranking dunia pada akhir April, Tiongkok bisa mengirimkan tiga wakil karena memiliki empat pemain di peringkat 24 teratas dunia. Tiga nama yang seharusnya masuk pada fase 1 daftar pemain yang akan berangkat mewakili Tiongkok adalah Chen Long (nomor 2), Du Pengyu (6), dan Wang hengming (7).

Namun, berdasarkan peraturan 3.2.21 yang berbunyi “Setiap asosiasi harus memberikan konfirmasi pemain tunggal atau ganda yang bisa atau tidak masuk (fase 1)”, Tiongkok masih bisa melakukan perubahan.

Tiongkok bisa merespons dengan menolak fase 1 dan mengeluarkan nama Du Pengyu dan Wang Zhengming. Setelah itu, BWF akan mengajukan pilihan untuk mengirim Tian Houwoi (15). Jika Tiongkok tetap menolak, pilihan akan berlanjut jatuh kepada Chen Yeuken (37), Gao Huan (43), dan Song Xue (47), lalu akhirnya sampai kepada Lin Dan (38).

Tiongkok bisa saja mengorbankan enam pemain dengan peringkat dunia lebih baik demi bisa meloloskan Lin Dan ke Kopenhagen.

Chen Long dan Lin Dan wakili Tiongkok?

Keputusan sepenuhnya ada di tangan Asosiasi Bulu Tangkis Tiongkok atau lebih tepatnya di tangan Lee Yong Bo. Bukan rahasia bahwa pelatih kepala tim bulu tangkis Tiongkok ini memiliki suara dominan.

Yang harus diingat, Lee Yong Bo dan Lin Dan punya hubungan yang istimewa. Belum ada pemain tunggal Tiongkok yang diberi kepercayaan begitu besar oleh Lee Yong Bo seperti kepada Lin Dan, begitu pula sebaliknya.

Lee Yong Bo kini punya pilihan, apakah akan mengirim tiga pemain —tiga dari empat pemain yang berada di peringkat 1 hingga 24 dunia— atau mengirim dua pemain dengan peringkat mulai dari Chen Long hingga Huang Yuxiang (98), yang Lin Dan termasuk di dalamnya.

Secara hitungan matematika, mengirim Chen Long dan Lin Dan jelas jauh lebih menguntungkan bagi Tiongkok dibanding tiga pemain, yang mana pun.

Masih ingatkan Anda dengan World Championships 2013 di Guangzhou, Tiongkok? Dengan fasilitas wild card, Lin Dan turun untuk kali pertama setelah meraih emas Olimpiade London 2012. Satu tahun tak berkompetisi, Lin Dan sukses meraih gelar juara dunia kelimanya, dengan mengalahkan Lee Chong Wei di final.

Setelah memenangi World Championships, Lin Dan kembali membuat keputusan kontroversi. Suami Xie Xingfang ini lagi-lagi mengambil waktu beristirahat dan menghilang dari kompetisi.

Setelah absen tujuh bulan, dia kembali beraksi dan langsung menjuarai China Masters serta Badminton Asia Championships. Ini membuktikan bahwa Lin Dan masih sulit untuk diredam.

Dengan pertimbangan ini, bukan mustahil Tiongkok akan memilih Chen Long dan Lin Dan sebagai wakil di World Championships.

Bagaimanan peluang Lee Ching Wei?

Jika benar Lin Dan akan kembali berlaga di World Championships, Lee Chong Wei dari Malaysia adalah pihak yang paling merasakan dampaknya.

Dari sekian banyak gelar yang sudah didapat pebulu tangkis nomor satu dunia tersebut, World Championships merupakan salah satu yang belum dia raih. Dua kali lolos ke final (2001 dan 2012) dia selalu kalah dari Lin Dan.

Jika Lin Dan turun di Kopenhagen, bisa jadi mereka akan bertemu kembali di final, atau bahkan mungkin pada babak-babak awal sebelum itu. Sebagai catatan, dua tunggal putra terkuat dunia saat ini sudah 31 kali bertemu dengan Lin Dan, dan memimpin 22-9.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: