SEJAHTERA BADMINTON

BERSAMA MEMBANGUN BULUTANGKIS INDONESIA

  • Meta

  • TIRTA SPORT ONLINE SHOP

    Promo Tirta
  • WIDE SCREEN FORMATED

    June 2014
    M T W T F S S
    « May   Jul »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    30  
  • JADILAH PEMENANG

    Pemenang selalu memiliki program

    Pecundang selalu memiliki alasan

    Ketika pemenang melakukan sebuah kesalahan,
    ia akan berkata “Saya melakukan kesalahan”

    Ketika pecundang melakukan sebuah kesalahan,
    ia akan berkata “Itu bukan kesalahan saya”

    Pemenang membuat komitmen-komitmen

    Pecundang membuat janji-janji

    Pemenang memilih seperti yang ia ingin lakukan

    Pecundang memilih sesuai pilihan orang banyak

    Pemenang membuat sesuatu terjadi

    Pecundang membiarkan sesuatu terjadi

  • BWF

    bwf-logo1
  • Archives

  • Top Posts

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 2,677 other followers

Sigit Budiarto: “Raket tidak boleh dipegang terlalu erat”

Posted by SEJAHTERA BADMINTON on June 26, 2014


Coaching clinic untuk pelatih dalam rangkaian acara Djarum Badminton All Stars 2014 berjalan ramai. Ada puluhan pelatih Sulut yang mendaftar sebagai peserta coaching clinic. Mereka antusias mendengarkan penjelasan legenda-legenda bulutangkis Indonesia seperti Sigit Budiarto, Candra Wijaya, Haryanto Arbi, Hastomo Arbi, Ivana Lie, dan Lius Pongoh. Materi disampaikan di sebuah ruangan di GOR Arie Lasut Manado, Selasa (24/06) sore kemarin. Setelah rampung menyampaikan materi pelatihan, pelatih-pelatih Sulut ini digiring menuju lapangan untuk memraktrekkan teori yang didapat.

Sigit Budiarto, juara ganda putera All England 2003 bersama Candra Wijaya, memulai praktek tentang teknik dasar memegang raket. “Raket tidak boleh dipegang terlalu erat, supaya nanti bisa diubah-ubah posisinya jika mau melakukan backhand atau forehand,” ungkap Sigit kepada peserta.

Sigit juga menjelaskan perbedaan dasar dalam memegang raket antara pemain tunggal dan pemain ganda. “Pemain ganda pegangannya agak ke depan. Ini supaya mainnya cepat,” katanya lalu memeragakan beberapa pukulan ganda dengan cepat.

Ivana Lie melanjutkan dengan pelatihan pukulan dan footwork. Ivana menjelaskan bagaimana cara melakukan servis, lob, netting, dropshot, dan smash. Saat melakukan praktek, Ivana dibantu oleh legenda bulutangkis lain, Hastomo Arbi. “Yang perlu diperhatikan, kuda-kuda kita harus jinjit, agar sigap mengejar bola. Nggak boleh berdiri biasa,” ucapnya sambil mengambil kuda-kuda jinjit di tengah-tengah lapangan yang disaksikan oleh puluhan peserta coaching clinic.

Ivana Lie berperan sebagai pemberi bola, sementara Hastomo Arbi memeragakan pukulan-pukulan yang dijelaskan oleh Ivana. Ivana memulai dengan pukulan lob. Setelah beberapa kali pukulan, Ivana memberi bola depan ke kiri dan ke kanan untuk netting. Beberapa kali terdengar decak kagum dari para peserta saat bola-bola Hastomo Arbi bergulir di atas net. Saat memeragakan smash, Ivana meletakkan kardus shuttlecock sebagai target. “Nah, ini bisa dilakukan supaya anak buah kita punya motivasi dan sasaran untuk menyasar suatu tempat,” ucapnya yang kemudian memberikan bola tinggi pada Hastomo Arbi. Penonton kemudian bertepuk tangan saat smash Hastomo Arbi tepat menyasar kardus dan menjatuhkannya.

Setelah selesai menjelaskan teknik dasar kepada para peserta, Ivana Lie memberikan kesempatan kepada peserta yang ingin mencoba. Ada dua orang peserta yang mendapatkan kesempatan dilatih oleh Ivana Lie. Acara ini kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama antara seluruh peserta dengan para legenda bulutangkis Indonesia. (Eko Siprapua)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: