SEJAHTERA BADMINTON

BERSAMA MEMBANGUN BULUTANGKIS INDONESIA

  • Meta

  • TIRTA SPORT ONLINE SHOP

    Promo Tirta
  • WIDE SCREEN FORMATED

    March 2015
    M T W T F S S
    « Feb   Apr »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • JADILAH PEMENANG

    Pemenang selalu memiliki program

    Pecundang selalu memiliki alasan

    Ketika pemenang melakukan sebuah kesalahan,
    ia akan berkata “Saya melakukan kesalahan”

    Ketika pecundang melakukan sebuah kesalahan,
    ia akan berkata “Itu bukan kesalahan saya”

    Pemenang membuat komitmen-komitmen

    Pecundang membuat janji-janji

    Pemenang memilih seperti yang ia ingin lakukan

    Pecundang memilih sesuai pilihan orang banyak

    Pemenang membuat sesuatu terjadi

    Pecundang membiarkan sesuatu terjadi

  • BWF

    bwf-logo1
  • Archives

  • Top Posts

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 2,681 other followers

AUDISI PB DJARUM DI 9 KOTA

Posted by SEJAHTERA BADMINTON on March 19, 2015


2261Setelah sembilan kali menggelar audisi di Kudus, tahun ini PB Djarum menggelar di 9 kota Indonesia. Ke sembilan kota yang dipilih PB Djarum adalah Medan, Palembang, Jember, Balikpapan, Manado, Makassar, Tasikmalaya, Purwokerto dan Kudus.

“Tahun ini kita rubah sistem audisinya, adapun pertimbangannya banyak keluhan yang kita terima, seperti ini, ‘Saya datang jauh-jauh hanya main 10 menit, gak dianggap lagi’, ‘Gak sreg, main sudah menang tapi gak lolos, yang dicari seperti apa?’,” ungkap Yoppy Rosimin, Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation membuka acara jumpa pers Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2015 di Jakarta hari Selasa (17/03) siang kemarin.Banyaknya keluhan peserta audisi khususnya para orang tua peserta audisi melihat sistem audisi yang digunakan selama ini dianggap tidak memuaskan peserta audisi padahal mereka telah banyak mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk bisa datang ke Kudus mengikuti audisi. Mempertimbangkan keluhan-keluhan yang ada, disebutkan Yoppy, PB Djarum seelah mendapat masukan dari beberapa pihak memutuskan mengadakan audisi ke kantong-kantong bibit bulutangkis di Tanah Air. Pilihan delapan kota lainnya selain Kudus dengan melihat historisnya bahwa kota-kota tersebut banyak menghasilkan atlet-atlet bulutangkis.

“Selain itu format audisi kali ini dirubah menjadi format turnamen,” sebut Yoppy. Tiap kota dibatasi 128 orang peserta audisinya, akan tetapi bila peserta lebih dari 128 orang maka pendaftar selebihnya akan masuk dalam babak kualifikasi dimana sistem penilaiannya seperti audisi yang ada di Kudus selama ini. Peserta audisi yang masuk ke dalam 8 besar akan dipanggil ke Kudus untuk mengikuti babak grand final. Sedangkan peserta audisi putri yang selama ini tak sebanyak peserta audisi putra maka hanya memanggil peserta audisi yang masuk 4 besar ke Kudus. Audisi dengan format turnamen ini akan dibagi dalam dua kategori yaitu U13 dan U15.

Tak hanya pelatih-pelatih yang ada di PB Djarum yang ikut menilai peserta audisi, tapi para legenda bulutangkis Indonesia pun ikut serta dilibatkan langsung ke kota-kota yang menjadi ajang audisi. Beberapa nama yang telah menyatakan kesediaannya adalah Christian Hadinata, Alan Budikusuma, Susi Susanti, Ivana Lie, Lius Pongoh, Maria Kristin, Denny Kantono dan Hastomo Arbi. Sedangkan Eddy Hartono dan Haryanto Arbi juga akan ikut, hanya tinggal menunggu kepastian saja. Keberadaan para legenda tidak hanya sekedar memantau, tapi mereka punya hak ‘Super Tiket’. Para legenda dengan hak Super Tiket yang dimilikinya punya kesempatan untuk memilih peserta audisi yang dinilai berbakat dan potensi tapi tidak berhasil masuk ke 8 besar untuk ikut ke babak grand final di Kudus.

“Ada kemungkinan peserta audisi yang potensial sudah bertemu di babak-babak awal, para legenda kita punya hak untuk memilih atlet yang ikut audisi ke Kudus dengan Super Tiket,” jelas Yoppy perihal Super Tiket yang dimiliki para legenda bulutangkis.

“Para legenda dengan insting dan pengalaman mereka diharapkan bisa menemukan bibit pemain andal nantinya menjadi pemain kelas dunia,” tambah Yoppy mengenai keterlibatan para legenda bulutangkis ikut dalam proses audisi.

Penilaian akhir peserta audisi yang akan diterima tidak berbeda dengan audisi-audisi sebelumnya. Untuk mendapatkan bibit-bibit potensial PB Djarum akan beberapa aspek seperti postur tubuh, teknik bermain dan fighting spirit.

“Semua pemain itu ingin menang, dengan audisi format turnamen bisa dilihat figthing spirit peserta audisi,” jelas Fung Permadi, Manager Team PB Djarum mengenai perubahan format audisi tahun ini.

Peserta audisi yang lolos babak 8 besar yang akan berangkat ke Kudus mengikuti babak grand final tidak perlu khawatir dengan biaya yang harus dikeluarkan nantinya. Setiap peserta audisi yang lolos ke Kudus akan mendapat bantuan biaya yang akan diterima saat di Kudus. Besar bantuan yang diterima adalah Rp. 2 juta per-orang bagi peserta dari luar Pulau Jawa, sedangkan yang dari Pulau Jawa akan menerima bantuan biaya sebesar Rp. 1 juta.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya bahwa perkiraan penerima beasiswa PB Djarum tahun ini berkisar antara 10 – 24 orang. “Tak ada angka patokan yang diterima, tapi berdasarkan statistik penerimaan beasiswa selama ini berkisar antara 10 hingga 26 atlet yang diterima,” jelas Yoppy. Dan Yoppy mengingatkan bahwa audisi ini gratis, tidak dipungut biaya sepeserpun kepada peserta audisi. “Jangan percaya bila ada orang yang memberikan janji-janji,” tambah Yoppy mengingatkan bahwa proses audisi berjalan fair.

“Proses pendaftaran sudah bisa dilakukan lewat website PB Djarum www.pbdjarum.org. Selesai jumpa pers ini kita serentak menginformasikannya dari website kita, begitu juga dengan media lainnya,” tambah Yoopy mengakhiri penjelasan Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2015.

Gelar audisi di 9 kota ini merupakan langkah positif PB Djarum menjaring bibit potensial di Tanah Air. Selain itu PB Djarum juga ikut mamasalkan dan mempopulerkan cabang olahraga bulutangkis ke tengah masyarakat. (fkg)

Jadwal Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2015 :
1. Medan, GOR Cemara Asri (8 – 11 April 2015).
2. Palembang, GOR Dempo Jakabaring (8 – 11 April 2015).
3. Jember, GOR PKPSO Kaliwates (6 – 9 Mei 2015).
4. Balikpapan, GOR Hevindo (6 – 9 Mei 2015).
5. Manado, GOR Arie Lasut (27 – 30 Mei 2015).
6. Makassar, GOR Sudiang (27 – 30 Mei 2015).
7. Tasikmalaya, GOR Lidya Djaelawidjaja (10 – 13 Juni 2015).
8. Purwokerto, GOR Satria (10 – 13 Juni 2015).
9. Kudus, GOR Djarum (1 – 3 September 2015).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: