SEJAHTERA BADMINTON

BERSAMA MEMBANGUN BULUTANGKIS INDONESIA

  • Meta

  • TIRTA SPORT ONLINE SHOP

    Promo Tirta
  • WIDE SCREEN FORMATED

    April 2016
    M T W T F S S
    « Mar   May »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    252627282930  
  • BADMINTON GAME

  • JADILAH PEMENANG

    Pemenang selalu memiliki program

    Pecundang selalu memiliki alasan

    Ketika pemenang melakukan sebuah kesalahan,
    ia akan berkata “Saya melakukan kesalahan”

    Ketika pecundang melakukan sebuah kesalahan,
    ia akan berkata “Itu bukan kesalahan saya”

    Pemenang membuat komitmen-komitmen

    Pecundang membuat janji-janji

    Pemenang memilih seperti yang ia ingin lakukan

    Pecundang memilih sesuai pilihan orang banyak

    Pemenang membuat sesuatu terjadi

    Pecundang membiarkan sesuatu terjadi

  • BWF

    bwf-logo1
  • Archives

  • Top Posts

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 2,702 other followers

Smart Training, Bukan Hard Training

Posted by SEJAHTERA BADMINTON on April 27, 2016


Banyak yang mengasosiasikan atlet dengan latihan fisik keras dan disiplin tinggi. Hal ini biasanya lazim terjadi di dunia olahraga, tapi yang dirasakan oleh atlet-atlet muda bulutangkis di PB Djarum ternyata sedikit berbeda. Latihan fisik yang mereka jalani setiap harinya sangat fun dan jauh dari kata membosankan. Apa rahasianya?

Adalah Fahmy Fachrezzy, seorang instruktur fitness profesional sekaligus dosen olahraga di UNJ yang membawa metode smart training ini pada program latihan atlet bulutangkis PB Djarum. Bagi Fahmy yang biasa menangani atlet taekwondo, melatih atlet bulutangkis merupakan sebuah tantangan baru. Metode latihan yang digunakan juga lebih memfokuskan ke psikis sang atlet, karena itu Fahmy memanfaatkan musik untuk setiap tahapan latihannya. Menurut Fahmy, dengan memasukkan unsur musik, atlet-atlet didikannya akan menikmati setiap gerakan yang diberikan. Padahal porsi latihan yang diberikan meliputi latihan fisik dan teknik yang sebenarnya sangat berat.

Latihan jenis ini sudah dicoba oleh Fahmy sejak tahun 2000. Awalnya Fahmy mencoba metode ini untuk tim senam dengan misi untuk meningkatkan fisik, kelincahan dan speed. Menambahkan musik pada program latihan mulanya hanya untuk mengiringi saja, namun ternyata saat tidak ada musik, atlet menjadi tidak bersemangat. Sejak saat itulah Fahmy selalu menggunakan musik sebagai bagian dari program latihannya.

Meskipun fun, program latihan yang dijalani atlet-atlet PB Djarum bukan latihan sembarangan. Latihan dimulai dengan aerobic untuk merangsang mood, kemudian dilanjutkan dengan permainan lempar-tangkap bola basket untuk melatih konsentrasi. Dilanjutkan dengan latihan kelincahan kaki yang diadopsi dari model latihan sepak bola, setelah itu ada juga latihan berlari dengan parasut untuk melatih speed. Latihan macam ini dilakukan seminggu tiga kali untuk melatih reaksi, kecepatan, kelincahan dan koordinasi

Porsi latihan atlet bukan berarti latihan fisik yang serba keras, karena Fahmy dan PB Djarum menganut prinsip smart training, bukan hard training. Melakukan hard training ekstra berat tidak akan menghasilkan apa-apa, kecuali tubuh yang lelah. Bahkan pada beberapa kasus, hard training bisa menyebabkan psikologis atlet terganggu karena trauma terhadap pelatih. Menurut Fahmy, Smart training fokus pada kebutuhan dari si atlet, saat kelincahan atlet dirasa kurang, maka masalah inilah yang langsung di perbaiki.

Dengan program latihan seperti ini, atlet-atlet PB Djarum sukses mencetak prestasi gemilang di banyak kejuaraan dalam dua tahun terakhir. Semua ini juga didukung oleh pelatih teknik yang berkualitas di PB Djarum dan bimbingan langsung dari legenda bulutangkis Indonesia, Christian Hadinata. Ini adalah bukti bahwa selain fisik, psikis juga memegang peranan yang penting dalam olahraga. Dengan mengoptimalkan faktor psikis, setiap atlet akan bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya, tanpa harus merasa tertekan. Ini adalah kunci keberhasilan dari atlet-atlet bulutangkis yang berlatih di PB Djarum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: